Itachi Uchiha Into Tree Stump - Naruto

Apa Itu Karburator Mobil, Fungsi, hingga Kiat Perawatannya

Share:

 


Sebagai yang tertarik dengan dunia otomotif, pastinya kamu sering mendengar istilah apa itu karburator mobil.


Mungkin kamu pernah membayangkannya sebagai komponen jadul yang sudah ketinggalan zaman, apalagi sekarang mobil-mobil modern sudah banyak yang beralih ke sistem injeksi.


Tapi, sebelum kita terlalu jauh, mari kita bedah tuntas si karburator ini.


Apa Itu Karburator Mobil?

Secara sederhana, karburator mobil adalah sebuah alat mekanis yang punya peran krusial dalam mesin pembakaran dalam.


Fungsinya utama adalah untuk mencampur bensin dan udara dalam proporsi yang tepat sebelum dialirkan ke ruang bakar.


Campuran yang ideal ini sangat penting agar proses pembakaran bisa terjadi dengan sempurna, menghasilkan tenaga mesin dan torsi yang optimal.


Bisa dibilang, karburator ini adalah “koki” yang meracik bahan bakar dan udara agar mesin mobil bisa bekerja dengan baik.





Bagaimana Cara Kerja Karburator Mobil?

Cara kerja karburator ini sebenarnya cukup menarik dan mengandalkan prinsip fisika sederhana.


Udara dari luar akan masuk melalui filter udara dan menuju ke dalam karburator.


Di dalam karburator terdapat sebuah tabung yang menyempit di bagian tengahnya, yang disebut dengan venturi.


Ketika udara melewati bagian yang menyempit ini, kecepatannya akan meningkat dan tekanannya akan menurun.


Penurunan tekanan inilah yang kemudian “menghisap” bahan bakar dari float chamber.


Float chamber ini adalah sebuah wadah kecil yang berfungsi untuk menjaga level bahan bakar tetap stabil di dalam karburator.


Bahan bakar yang terhisap kemudian akan bercampur dengan aliran udara yang kencang tadi, membentuk kabut halus campuran bahan bakar dan udara.


Jumlah campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam mesin diatur oleh sebuah katup yang disebut throttle valve.


Katup ini terhubung langsung dengan pedal gas yang kamu injak.


Semakin dalam kamu menginjak pedal gas, semakin lebar throttle valve terbuka, dan semakin banyak pula campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam intake manifold dan akhirnya menuju ruang bakar.


Proses ini terjadi berulang-ulang dalam siklus kerja mesin.


Mengenal Bagian-bagian Penting Karburator Mobil

Karburator mobil terdiri dari beberapa bagian penting yang bekerja sama untuk menjalankan fungsinya. Beberapa di antaranya adalah:


Float Chamber (Ruang Pelampung): Seperti yang sudah disebutkan, bagian ini berfungsi untuk menampung bahan bakar dan menjaga levelnya tetap ideal. Di dalamnya terdapat pelampung yang akan mengatur katup masuk bahan bakar.

Venturi: Bagian yang menyempit di tengah karburator, berfungsi untuk meningkatkan kecepatan udara dan menurunkan tekanan.

Throttle Valve (Katup Gas): Katup yang mengatur jumlah campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke mesin. Dikendalikan oleh pedal gas.

Jetting (Spuyer): Komponen kecil yang berfungsi untuk mengatur jumlah bahan bakar yang dikeluarkan ke dalam aliran udara. Ukuran jetting ini sangat penting untuk mendapatkan campuran bahan bakar dan udara yang tepat. Ada beberapa jenis jetting, seperti main jet (untuk kecepatan tinggi) dan pilot jet (untuk langsam).

Idle Adjustment Screw (Sekrup Langsam): Sekrup kecil yang digunakan untuk mengatur putaran mesin saat idle atau langsam.

Choke Valve (Katup Cuk): Katup yang berfungsi untuk memperkaya campuran bahan bakar dan udara saat mesin masih dingin. Biasanya digunakan saat pertama kali menghidupkan mobil di pagi hari.

Accelerator Pump (Pompa Akselerasi): Pada beberapa jenis karburator, terdapat pompa kecil ini yang berfungsi untuk memberikan tambahan semprotan bahan bakar saat pedal gas diinjak secara tiba-tiba. Ini membantu mencegah mesin “brebet” saat akselerasi mendadak.

Setiap bagian ini memiliki fungsi spesifik dan saling berkaitan untuk memastikan sistem bahan bakar mobil bekerja dengan baik.



BACA JUGA : Mesin Loyo? Bisa Jadi Ini Ciri Filter Oli Mobil Kamu Bermasalah


Jenis-jenis Karburator Mobil yang Perlu Kamu Tahu

Seiring perkembangan teknologi otomotif, ada beberapa jenis karburator mobil yang pernah dan masih digunakan. Beberapa di antaranya adalah:


Single Barrel Carburetor (Karburator Satu Pintu): Jenis karburator yang paling sederhana, hanya memiliki satu venturi dan satu throttle valve. Biasanya digunakan pada mobil-mobil dengan kapasitas mesin kecil.

Two Barrel Carburetor (Karburator Dua Pintu): Memiliki dua venturi dan dua throttle valve. Biasanya satu pintu berukuran lebih kecil untuk penggunaan normal, dan pintu kedua akan terbuka saat dibutuhkan tenaga lebih besar.

Four Barrel Carburetor (Karburator Empat Pintu): Mirip dengan karburator dua pintu, namun memiliki empat venturi dan empat throttle valve. Biasanya digunakan pada mobil-mobil dengan performa tinggi dan kapasitas mesin besar.

Constant Velocity (CV) Carburetor (Karburator Kecepatan Konstan): Jenis karburator yang lebih canggih, menggunakan mekanisme vakum untuk mengatur posisi jarum skep (needle jet) sehingga campuran bahan bakar dan udara lebih presisi pada berbagai kondisi putaran mesin.

Setiap jenis karburator memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung pada kebutuhan dan desain mesin mobil.


Perbedaan Karburator dan Injeksi

Nah, ini nih pertanyaan yang sering muncul.


Apa sih bedanya karburator dengan sistem injeksi yang sekarang banyak digunakan pada mobil-mobil modern?


Perbedaan utamanya terletak pada cara bahan bakar disalurkan ke dalam mesin.


Pada karburator, bahan bakar dihisap oleh aliran udara akibat efek venturi.


Sedangkan pada sistem injeksi, bahan bakar disemprotkan secara langsung ke dalam intake manifold atau bahkan langsung ke ruang bakar melalui injektor yang dikontrol secara elektronik.


Sistem injeksi dianggap lebih unggul karena mampu memberikan campuran bahan bakar dan udara yang lebih akurat dan efisien pada berbagai kondisi.


Hal ini berdampak positif pada efisiensi bahan bakar, performa mesin, dan juga emisi gas buang yang lebih rendah.





Tidak ada komentar

Mobil Bekas 3 Baris Paling Laris Buat Keluarga Muda

  Baru nikah, punya anak satu, terus tiap mudik harus bawa banyak barang? Atau lo tipe yang doyan jalan-jalan bareng keluarga besar? Saatnya...